Tips Sukses Menjual Produk Kecantikan Secara Online

0

Bisnis produk kecantikan secara online memang makin menjamur. Jumlah pengguna Internet dan behaviour mencari informasi/produk secara online menjadi daya tarik para penjual untuk terjun ke sektor online. Konsekuensinya tingkat kompetisi juga makin tinggi. Lantas bagaimana cara untuk bisa sukses menjual produk kecantikan secara online? Simak terus artikel berikut ini.
Oo ya.., meskipun topiknya adalah produk kecantikan, tapi secara umum tips-tips ini bisa diaplikasikan juga untuk bisnis apapun.

Blog dan website menjadi sarana yang mutlak untuk digunakan. Jika anda seorang pemula, bisa menggunakan blog gratis seperti Blogger. Anda bisa menggunakannya untuk media promo dengan menuliskan review mengenai produk jualan anda secara detail, lengkapi dengan gambar agar lebih meyakinkan. Namun anda perlu untuk serius mempertimbangkan memiliki website sendiri, apalagi bagi perusahaan atau bisnis. Karena ini berkaitan dengan tingkat kepercayaan pembeli secara langsung.

Untuk memiliki website produk kecantikan yang sukses, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilewatkan.

Target Market yang Jelas
Pertama kita harus mengerti segmentasi target market kita. Sebagai contoh untuk produk kosmetik tentunya targetnya adalah kaum wanita. Tapi segmentasinya seperti apa? Apakah usia remaja atau dewasa? Bagaimana sosial statusnya? Harga produknya? Untuk kalangan menengah ke atas atau umum? Setelah paham siapa persona target market kita, maka nantinya kita perlu menyesuaikan berbagai hal di website seperti copywriting (teknik penulisan), desain website, chanel pemasaran, dan sebagainya. Sebagai contoh, jika produk Anda adalah untuk usia remaja/umum dengan segmen harga menengah ke bawah, akan tidak cocok jika design website Anda ala kosmetik luar negeri yang eksklusif, dengan bahasa Inggris pula.

Deskripsi Produk yang Lengkap
Tulislah deskripsi yang selengkap-lengkapnya. Misalnya untuk produk kosmetik, Anda harus menulis apa manfaat kosmetik tersebut, sertifikasi yang dimiliki, bahan apa yang dikandung, apa efek sampingnya, bagaimana cara penggunaan, apa pantangan saat menggunakan produk, cara kerja produk tersebut, dan sebagainya.  Semakin lengkap penjelasan di website Anda, calon pembeli akan makin percaya dan bahkan menjadikan website anda sebagai referensi.

Testimoni Pengguna
Kekuatan testimoni sangatlah penting untuk mendongkrak penjualan dan kepercayaan publik terhadap produk yang Anda jual. Bagaimana pun juga testimoni merupakan sebuah bukti dan kesaksian dari orang yang sudah menjajal serta merasakan khasiat produk yang Anda jual. Testimoni sebaiknya dicantumkan dalam bentuk screenshot  yang diambil dari komentar pada web, pesan dari aplikasi messenger maupun dari media sosial.

Halaman FAQ
Halaman FAQ (Frequently Asked Question atau daftar pertanyaan yang sering diajukan) penting agar calon konsumen bisa dengan cepat tahu berbagai hal yang lazim ditanyakan. Selain itu FAQ juga penting agar ketika transaksi konsumen tidak terlalu banyak bertanya kepada Anda. Dengan memiliki halaman FAQ yang selalu terupdate justru akan membantu mengurangi pekerjaan anda untuk jangka panjang.

Kontak Penjual yang Jelas
Mudahkan para pelanggan untuk menghubungi anda jika mereka berminat untuk membeli produk atau saat mereka ingin menanyakan produk tersebut. Letakkan kontak person anda seperti email, no handphone, bbm, facebook profil atau media lain yang bisa menghubungkan anda dengan para pembeli di bagian website yang mudah terlihat. Bahkan anda bisa menggunakan widget Chat supaya calon pembeli bisa secara langsung melakukan chat dari halaman website Anda.

Isi Website dengan Berbagai Artikel
Bukan sekadar tulisan deskripsi dari produk saja, anda perlu mengisi website dengan berbagai artikel bermanfaat yang tentunya berhubungan dengan produk yang dijual.
Misalnya seperti artikel tentang tips menghilangkan flek hitam, cara menurunkan berat badan secara alami, tutorial merias wajah, dan berbagai artikel informatif lainnya. Mengapa para pemilik website ini mau repot-repot menuliskan berbagai artikel seperti itu? Karena dari artikel-artikel seperti ini biasanya sumber pengunjung website kosmetik berasal. Jumlah pencarian di Google untuk informasi seperti ini jauh lebih besar daripada pencarian produk secara langsung. Sehingga ini menjadi cara soft selling atau menjual secara halus. Dari artikel tersebut baru kita mengarahkan ke produk-produk yang terkait.

Optimasi Website yang SEO Friendly
Kita perlu tahu bahwa orang biasanya mencari suatu barang atau produk tertentu dengan pencarian dari sebuah browser yang ada pada aplikasi mereka, baik yang menggunakan PC / Laptop ataupun HP. Browser yang digunakan pada perangkat tersebut kebanyakan menggunakan search engine Google sebagai default pencarian. Di sinilah kunci yang harus kita ketahui agar suatu produk yang orang cari, mengarah ke website atau toko online kita sebagai penjual suatu produk. Dan Google akan menampilkan maksimal 10 web pertama dari hasil pencarian pada browser anda. Sehingga untuk mendatangkan potensial pembeli minimal website atau toko online kita harus menempati 10 posisi teratas tersebut. Nah, cara tersebut kita kenal dengan nama SEO.

Penambahan Media Sosial
Bagi bisnis produk kecantikan yang banyak menampilkan visual, Facebook dan Instagram mutlak digunakan dengan maksimal. Alangkah lebih baiknya juga jika Anda dapat membuat berbagai video tutorial penggunaan produk atau testimoninya. Jika demikian manfaatkan chanel YouTube untuk mendorong pemasaran produk Anda. Maka di website cantumkanlah ikon-ikon media sosial yang dimiliki untuk memudahkan pengunjung menemukan chanel-chanel media sosial Anda. Pemasangan tombol social share juga penting untuk memudahkan pembaca artikel di website Anda melakukan share artikel yang dianggap menarik di media sosial mereka. Hal ini akan menguntungkan bagi Anda karena secara tidak langsung mereka membantu mempromosikan website Anda.

Semoga tips-tips ini dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.
Salam sukses selalu!

Hero Wijayadi
Founder HeroSoftMedia – Digital Marketing Agency, Semarang
www.herosoftmedia.co.id

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply