Sukses Berawal dari Hobi

0

Cerita tentang orang-orang sukses yang berkaitan dengan hobi selalu mendatangkan inspirasi. Ada beranekaragam hobi yang membuat seseorang berhasil meraih impiannya. Coba saja ketik “sukses dari hobi” di mesin pencari, banyak sekali data yang muncul. Salah satu yang menarik perhatian penulis adalah kisah sukses Tadashi Yanai, yang kini menjadi orang terkaya di Jepang.

Dalam artikel tersebut diceritakan sejak muda Tadashi Yanai memiliki hobi jalan-jalan. Karena itu ketika kuliah dan mendapat kesempatan untuk bisa ke Inggris melalui pertukaran pelajar, dia tidak menyia-nyiakannya. Hobi traveling Tadashi berlanjut saat dia lulus kuliah dan mengelola bisnis keluarganya yang bergerak di bidang pakaian.

Sebuah inspirasi besar yang akan mengubah bisnis Tadashi Yanai, didapatkannya saat jalan-jalan ke Thailand pada tahun 1985. Di Thailand, dia melihat banyak pakaian kasual asal China yang dijual dengan harga murah, dia pun terkagum-kagum, dan memutuskan untuk merubah strategi bisnis. Tadashi kemudian merubah bisnisnya dari jas formal ke pakaian kasual. Dia juga mendatangkan seluruh produknya langsung dari China, agar bisa menjual dengan harga murah.

Tadashi kini telah berhasil membangun kerajaan bisnis retail Uniqlo dan menjadi salah satu orang terkaya di Jepang. Dari cerita tentang Tadashi yang mendapat inspirasi dari hobi jalan-jalannya, ada manfaat besar dari hobi seseorang. Bagaimana dengan manfaat hobi bagi masyarakat yang tinggal di Semarang? Tabloid Simpang5 menemui beberapa nara sumber dari bidang yang berbeda, untuk mendapat gambarannya.

Yang pertama, Devi Purnamasari, Dosen Ilmu Komunikasi, di salah satu Universitas Swasta di Semarang. Perempuan yang akrab dipanggil Devidhede ini juga memiliki hobi jalan-jalan. Menurut cewek yang juga aktif di salah satu komunitas traveling ini, hobi yang dijalaninya memiliki banyak manfaat. Selain belajar banyak hal baru juga bisa menyegarkan otak dari rutinitas harian.

“Hobi saya jalan-jalan, karena dengan jalan-jalan saya bisa mengeksplore banyak hal, mulai dari interaksi dengan orang baru, belajar kebudayaan orang itu maupun kebiasaan yang dilakukan. Menurut saya jalan-jalan atau travel itu menyenangkan, bisa juga mengurangi kebosanan dan stress yang disebabkan oleh kegiatan sehari-hari,” paparnya.

Cerita selanjutnya dari Adjeng Tunjung, Public Relation Hotel Horison Semarang. Dia hobi olah raga, terutama gym dan badminton. Menurutnya, dengan melakukan hobi olah raga tersebut pikiran dan badan yang tadinya lelah dan capek dengan kegiatan atau rutinitas sehari-hari, seketika mengembalikan mood dan kembali bersemangat untuk melakukan aktivitas.

“Secara umum hobi memang banyak manfaatnya, seperti menghilangkan stres, menambah ilmu, meningkatkan daya kreativitas, menambah aura positif, serta membuat hidup lebih berwarna,” jelas cewek yang akrab dipanggil Adjeng ini.

Cerita ketiga dari Farisa Dian Utami, Program Manager Impala Space Semarang. Hobinya cukup unik, salah satunya adalah jalan-jalan mengunjungi event. Dari sekadar datang ke event seminar, talkshow, workshop, pertunjukan kesenian, pameran, bazaar maupun musik, baik skala kecil maupun besar dapat tersebut, Farisa bisa menambah pengetahuan, pengalaman dan pertemuan dengan orang-orang baru.

“Bermula hanya sekadar datang dan menikmati event, lama-lama muncul ketertarikan untuk mempelajari bidang ini. Setelah belajar dan mempraktekan dengan cara membuat event kecil-kecilan ternyata saya merasa ketagihan dengan tantangannya. Dan inilah yang membuat saya sampai sekarang menyukai bidang ini dan kini menjadi pilihan saya dalam berkarir,” urai gadis yang juga pernah memegang beberapa event dari Google di Indonesia ini.

Dari beberapa cerita di atas, semakin menguatkan banyak cerita lainnya tentang sukses dari hobi. Memang jika seseorang mengerjakan sesuatu yang dicintainya akan menjalankan secara maksimal, sehingga hasilnya pun akan lebih baik.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply