Serunya Naik Bus Yuk Muter-muter Semarang

0

Bus berwarna merah yang dihiasi gambar berbagai obyek wisata di Kota Semarang itu tampak berkilauan memantulkan sinar matahari siang itu. Terlihat beberapa orang bergantian mengambil foto dengan latar belakang bus tersebut. Antrean penumpang juga terlihat di depan Museum Mandala Bhakti, tempat awal pemberangkatan dan pemberhentian. Bus tingkat yang disediakan untuk mengunjungi obyek-obyek wisata di Kota Semarang ini memang telah lama dinantikan.

Bus “Yuk Muter-muter Semarang” telah lama diuji coba dan beberapa kali diundur peluncurannya untuk memastikan kesiapannya. Setelah diluncurkan sehari sebelumnya, pada 3 Oktober 2017 bus seharga Rp 3,5 miliar ini telah siap mengantarkan masyarakat umum untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Kota Semarang secara gratis.

Untuk ikut merasakan bagaimana serunya naik bus tingkat tersebut, Tabloid Simpang5 ikut mencoba bus ini beberapa hari setelah peluncuran. Sebelumnya, kami melihat dahulu jadwal pemberangkatan bus. Untuk hari Selasa – Kamis bus 3 kali berputar, berangkat pada pukul 08.00, 11.15, dan 15.00. Sedangkan untuk hari Jumat – Minggu bus 4 kali berputar, yaitu berangkat pada pukul 08.00, 11.15, 15.00, dan 19.00.

Tabloid Simpang5 ikut pada pemberangkat yang kedua, yaitu sekitar pukul 11.15. Meski hari kerja terlihat antrean calon penumpang cukup banyak. Begitu masuk ke bus yang dijuluki “Si Kenang” ini, udara dingin AC langsung terasa. Di lantai dasar yang berkapasitas 12 penumpang sudah tampak penuh, kami naik ke lantai atas yang berkapasitas 58 penumpang, terlihat beberapa kursi masih tersedia.

Setelah penumpang penuh, bus pun kemudian berangkat dari Museum Mandala Bhakti untuk menuju ke kawasan Kota Lama. Selama perjalanan ada pemandu yang menerangkan berbagai tempat wisata di Semarang. Rute yang dilewati Jl. Imam Bonjol – Stasiun Poncol – Stasiun Tawang, dan kemudian berhenti di Taman Srigunting Kota Lama. Penumpang diberi waktu selama 15 menit untuk menikmati atau mengambil foto di kawasan tersebut.

Dari Kota Lama, bus kemudian meluncur ke Kampung Pelangi, dengan rute melalui Jl. Pemuda – Lawang Sewu – Jl. Pandanaran – Simpang Lima – Jl. Pandanaran – Jl. Dr. Sutomo, dan berhenti di Kampung Pelangi selama 15 menit. Penumpang bisa memanfaatkan waktu untuk jalan-jalan atau mengambil foto-foto dengan latar belakang warna-warni bangunan di kampung ini.

Puas menikmati suasana Kampung Pelangi, penumpang akan dibawa bus tingkat ini untuk kembali menikmati suasana Kota Semarang dari bus yang cukup nyaman ini. Bus meluncur melalui Jl. Kaligarang – Sam Poo Kong – Jl.Pamularsih – Bundaran Kalibanteng – Jl. Jend. Sudirman – Tugu Muda, dan kembali ke Museum Mandala Bhakti.

Cukup menyenangkan menikmati Kota Semarang dari Bus Tingkat “Yuk Muter-muter Semarang” ini. Selain suasana bus yang nyaman, penumpang juga akan mendapatkan sudut yang berbeda, karena bisa melihat suasana kota dari tempat lebih tinggi di lantai atas bus ini. Penasaran? Langsung saja meluncur ke Museum Mandala Bhakti. Agar dapat kursi sebaiknya datang jauh lebih awal dari jadwal pemberangkatan. Yuk muter-muter Semarang.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply