Pentingnya Menjadi Perusahaan Bintang 5 untuk Menarik Calon Karyawan

0

JobStreet cabang Semarang menggelar ulang tahun yang ke-5 pada 23 Maret di Hotel Santika Premier Semarang. Acara dihadiri oleh sekitar 100 HR direktur, manager dan professional perusahaan-perusahaan di Indonesia. Acara ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan membantu pelaku HR (human resources/sumber daya manusia) menemukan solusi dari tantangan-tantangan dunia ketenagakerjaan yang dihadapi saat ini.

Melihat tren persaingan di pasar kerja yang didominasi kandidat, terutama generasi millennial, yang semakin berhati-hati dalam memilih perusahaan, JobStreet.com mengusung tema “Pentingnya Menjadi Perusahaan Bintang 5 untuk Menarik Calon Karyawan”.

“Di era digital ini HR tidak bisa lagi hanya duduk manis dan menunggu lamaran masuk dari kandidat namun harus lebih proaktif dan bersaing dengan perusahaan lain terutama kompetitornya dalam menarik kandidat yang tepat dan berkualitas” ungkap Faridah Lim, Country Manager JobStreet Indonesia.

Semakin mudahnya akses informasi, kandidat berkualitas cenderung mencari ulasan atau informasi tentang perusahaan sebelum melamar pekerjaan. “Branding saat ini bukan lagi tugas marketing, tapi juga HR karena terbatasnya jumlah kandidat yang benar-benar kompeten sehingga persaingan di pasar kerja saat ini pun semakin ketat” tambahnya.

Mengungkap tentang cara meningkatkan branding perusahaan, Faridah menyatakan bahwa penting bagi perusahaan untuk tahu terlebih dahulu apa yang menjadi pertimbangan kandidat dalam memilih perusahaan. Contohnya berdasarkan survey Job Happiness yang dilakukan oleh JobStreet pada Desember yang lalu serentak di 7 negara, mengungkapkan bahwa di Indonesia, pekerja lebih memilih budaya atau lingkungan kerja sebagai salah satu faktor utama yang menentukan kebahagiaan mereka saat bekerja. Oleh karena itu semakin penting bagi para HRD untuk “mempromosikan” lingkungan/budaya kerja perusahaan guna menarik kandidat yang sesuai.

Dengan menghadirkan pembicara pakar dan praktisi di acara ini, JobStreet.com mengangkat 4 topik yaitu “Tren Persaingan di Pasar Kerja 2017” yang dibawakan oleh Ibu Faridah Lim selaku Country Manager JobStreet, “Meningkatkan Branding Perusahaan untuk Menarik Kandidat yang Tepat” yang dibawakan oleh Bapak Denny Christanto, HR & GA Manager PT. Erela, dan “Menarik Kandidat Generasi Millennial Berkualitas” yang dibawakan oleh Ibu Dina Christiana selaku Human Resources & Development Manager PT. Formulatrix Indonesia, “Menjadi Perusahaan Bintang 5 untuk Menarik Calon Karyawan” yang dibawakan oleh Bapak Louis Tri Mey Diandono, Regional People Development Head dari PT. Hop Lun Indonesia. Acara yang diadakan setiap tahun ini selain untuk merayakan anniversary, juga untuk memberikan insight dan informasi terbaru serta menjadi forum interaktif bagi para professional HR dari perusahaan top klien JobStreet.

JobStreet menjembatani para pencari kerja di Semarang dengan perusahaan
JobStreet sebagai Asia’s Best Talent Sourcing Partner menyediakan berbagai solusi lengkap agar perusahan dapat merekrut kandidat terbaik dengan mudah dan cepat serta memberikan ruang untuk branding. Saat ini, para pencari kerja atau dinamakan talent/kandidat yang terdaftar di JobStreet berjumlah lebih dari 5 juta anggota/kandidat. Ini merupakan jumlah yang fantastis, terlebih kandidat yang terdaftar di JobStreet serius mencari kerja terlihat dari grafik lamanya mereka menghabiskan waktu di website JobStreet yakni 13.15 menit dan lebih dari 39 halaman website JobStreet yang dikunjungi. Trafik kandidat ke website JobStreet pun sangat tinggi yakni lebih dari 14.6 juta kunjungan per bulannya.

Selain memiliki jumlah kandidat yang melimpah, JobStreet juga menyediakan solusi rekrutmen terlengkap melalui SiVA Recruitment Centre (SiVA RC). Sistem ini merupakan sistem terbaru JobStreet yang merupakan penyempurnaan dari sistem sebelumnya. Sistem ini mengintegrasi semua fitur canggih yang membantu proses rekrutmen para HR menjadi lebih cepat dan mudah guna mendapatkan kandidat yang tepat, semuanya dalam 1 platform. Fitur tersebut antara lain:

  • Perusahaan dapat memasang iklan lowongan dengan informasi lengkap mulai dari job description yang detail, profil perusahaan, foto lingkungan kerja, benefit, hingga range gaji.
  • Fitur Talent Search, mengajak HR tidak hanya pasif menunggu lamaran masuk tapi juga aktif mencari kandidat dan menghubungi langsung untuk diwawancara.
  • Fitur branding dan Company Review yang memuat rating perusahaan di mana perusahaan dapat menunjukkan budaya/lingkungan kerja di perusahaan, benefit, dan hal lain yang dapat menarik kandidat yang tepat.
  • Fitur screening di mana para HR dapat memproses kandidat lebih cepat, mudah dan akurat.

“Saat ini SiVA Recruitment Centre telah digunakan oleh sekitar 50.000 perusahaan. Jumlah talent/pelamar kerja yang besar pada database JobStreet merupakan keunggulan tersendiri bagi JobStreet. Jumlah ini mencapai lebih besar lagi jika dihubungkan dengan keanggotaan JobStreet di SEEK, online recruitment marketplace terkemuka di dunia dengan lebih dari 100 juta kandidat dan lebih dari 375 juta kunjungan ke website,” jelas Faridah Lim.

JobStreet berkomitmen untuk menyediakan pelayanan lokal terbaik. Komitmen ini diwujudkan dengan kehadiran tim JobStreet.com yang selalu siap membantu proses rekrutmen perusahaan hingga menemukan kandidat yang sesuai, dan tersebar di 5 cabang yaitu Bali, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Medan. Dengan komitmen tersebut, JobStreet.com memperoleh berbagai penghargaan di antaranya “Top Brand Award” selama 3 tahun berturut-turut sejak 2015, “The Best Online Job Portal Indonesia 2016”, dan “Indonesian Netizen Brand Choice Award 2017”. Selain selalu meningkatkan pelayanannya, JobStreet juga selalu mengadakan berbagai event yang membantu meningkatkan kualitas baik kandidat maupun para professional HR.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply