Pasar Branding, Gelaran Karya Komunikasi Visual Mahasiswa

0

Terinspirasi dengan kesuksesan gelaran pameran Pasar Branding pada tahun 2014 yang lalu, mahasiswa Seni Rupa Konsentrasi DKV kembali menyelenggarakan kegiatan pameran karya komunikasi visual bagi UMKM pada tanggal 10-11 April 2015 di Wisma Perdamaian Semarang. Pasar Branding merupakan gelaran karya komunikasi visual hasil rancangan mahasiswa yang telah melalui proses seleksi. Proses seleksi tidak hanya melibatkan dosen saja, namun juga perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM yang sudah berpengalaman menangani branding produk UMKM di wilayah Semarang.

Mengusung konsep yang sama dengan tahun sebelumnya, pameran ini diberi tajuk “Pasar Branding #2” untuk menunjukkan bahwa kegiatan tersebut merupakan keberlanjutan dari kegiatan pada tahun sebelumnya. “Kami tidak sekadar merancang karya yang bagus dari aspek estetis saja, namun juga harus mempertimbangkan strategi media yang tepat dan sesuai untuk mendukung kegiatan pemasaran UMKM yang jadi klien kami.” ujar Herni Nurul Fajri, wakil ketua panitia sekaligus peserta dalam Pasar Branding #2. Herni juga mengakui bahwa proyek yang dikerjakan selama setengah semester ini cukup kompleks karena setiap tahapan perancangan harus didasarkan pada hasil riset terhadap UMKM yang dijadikan klien oleh mahasiswa.

Rahina Nugrahani, selaku dosen pendamping kegiatan pameran ini menyampaikan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM saat ini tidak hanya permodalan saja, namun juga strategi pemasaran. Berdasarkan interaksi yang dilakukan dengan beberapa UMKM di kota Semarang, diketahui bahwa masih banyak UMKM yang masih enggan untuk menggarap logo dan kemasan secara serius karena keterbatasan pengetahuan, biaya dan SDM yang memadai untuk menangani hal tersebut. “Padahal logo dan  kemasan merupakan ujung tombak  kegiatan pemasaran. Oleh karena itu kami berharap kegiatan semacam ini dapat menjawab kebutuhan UMKM dalam mengembangkan media komunikasi visual untuk meningkatkan nilai jual produk.”

Selain kegiatan pameran karya komunikasi visual, dilaksanakan juga DKV AWARD yang merupakan ajang penghargaan bagi karya-karya mahasiswa DKV Unnes yang meliputi fotografi, branding/desain identitas visual, tipografi, multimedia interaktif, iklan tayang dan film pendek. Selain itu ada juga penghargaan untuk alumni DKV UNNES yang diniai berkontribusi pada lembaga melalui kiprahnya di bidang desain komunikasi visual skala lokal maupun nasional.

“Harapannya kegiatan ini bisa menjadi ajang bertemunya banyak pihak, mulai dari instansi pemerintahan seperti Dinas Koperasi dan UMKM, pelaku UMKM, praktisi di bidang desain, mahasiswa, akademisi, alumni dan tentu saja masyarakat umum. Sehingga pelaku UMKM tidak perlu ragu untuk melibatkan pihak yang memiliki kompetensi dalam bidang grafis dan komunikasi visual dalam mengembangkan logo, kemasan dan media pendukung promosi lainnya,” ujar Dwinda Mauwaldi selaku Ketua Panitia Pasar Branding #2.

Pembukaan pameran Pasar Branding #2 yang diikuti oleh 32 mahasiswa ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 10 April 2015 pukul 18.30 di Wisma Perdamaian, Jalan Imam Bonjol No. 209 Semarang. Diskusi dan sharing tentang branding akan dilaksanakan pada tanggal 11 April 2015 pada jam 10.00 WIB. Dilanjutkan dengan kegiatan DKV Award dan penutupan pameran dilaksanakan mulai jam 18.00 WIB. Karya komunikasi visual yang dipamerkan meliputi desain label dan kemasan, desain POP, Booth dan merchandise yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kapabilitas UMKM yang dijadikan sebagai klien.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply