Nokia Hadir Kembali, Usung Nokia 6

0

Sempat beberapa kali pindah kepemilikan, akhirnya ponsel Nokia kembali hadir meramaikan persaingan binis smartphone. Info kehadiran Nokia terbaru bahkan sudah lama beredar dan dinantikan. HMD Global yang saat ini membesut ponsel Nokia, resmi merilis Nokia 6 yang mengusung sistem operasi Android di dalamnya.

Nokia 6 tidak langsung dipasarkan secara global, tapi untuk sementara hanya dijual di pasar China. Dari harganya, tampak Nokia 6 membidik pasar menengah yang sudah penuh dengan pesaing, namun sangat besar pasarnya. Perangkat ini dirilis oleh HMD Global dengan harga 1.699 yuan atau setara Rp 3,2 juta.

Sesuai dengan harganya, Nokia 6 dibekali dengan spesifikasi menengah. Namun, “dapur pacu” tersebut dianggap cukup mumpuni untuk menjalankan sistem operasi teranyar bikinan Google, Android 7.0 “Nougat”. Dengan menanam sistem operasi terbaru Android, tentu akan sangat menarik pembeli untuk segera mencoba fitur-fitur terbaru di dalamnya.

Tampilan luar ponsel ini tampak mewah dengan balutan bodi dari bahan logam. Pada bagian layar seperti ponsel android lainnya, dengan tombol Home terletak di bagian bawah. Istimewanya tombol Home ini juga bisa berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Sehingga keamanan ponsel lebih terjamin.

Bagi yang suka layar besar namun tetap nyaman untuk digunakan harian, ponsel ini bisa menjadi pilihan. Nokia 6 menggunakan layar 5,5 inci dan sudah berkualitas Full HD (1.080 x 1.920). Sedang tingkat kerapatan layarnya mencapai 403 piksel per inci, sehingga menghasilkan gambar yang nyaman di mata.

Prosesor yang dibenamkan Snapdragon 430, ini memang banyak digunakan smartphone kelas menengah. Yang cukup menarik adalah memorinya, ponsel ini menggunakan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, perpaduan keduanya tentu cukup menjanjikan untuk kinerja ponsel.

Bagi yang mengedepakan fotografi saat memilih ponsel, Nokia 6 cukup menjanjikan karena mengusung kamera 16 megapiksel (belakang) dan 8 megapiksel (depan). Ponsel ini juga cukup memanjakan telinga pemiliknya dengan menghadirkan audio Dolby Atmos yang memiliki amplifier ganda.

Perpaduan spesifikasi dan tampilan Nokia 6 ternyata cukup ampuh untuk menggebrak pasar. Ditawarkan secara online di salah satu situs belanja di China, dalam seminggu, jumlah pesanan Nokia 6 hampir 1 juta unit. Ini tentu membuat optimis HMD Global untuk bersaing dengan berbagai merek lainnya.

Kehadiran kembali Nokia 6 saat ini dikerjakan oleh FIH Mobile dan HMD Global. FIH merupakan anak usaha raksasa perakit smartphone dari China, yaitu Foxconn. Nokia dalam waktu yang berdekatan juga mengumumkan telah melisensikan properti intelektual dan merek “Nokia” ke perusahaan baru, HMD Global.

FIH Mobile dan HMD Global bersinergi serta berbagi peran masing-masing. FIH Mobile berperan untuk memproduksi, sedangkan HMD Global bertugas merancang mobile gadget di bawah bendera Nokia. Kedua perusahaan inilah yang kini sedang bekerja keras untuk mengembalikan kejayaan Nokia di bisnis smartphone.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply