Mahasiswa Undip Peringati Hari Ikan Nasional

0

Acara bertajuk Semarak Bandeng Sehat untuk memperingati Hari Ikan Nasional (Harkanas) yang jatuh pada tanggal 21 November 2014 digelar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip bekerja sama dengan Bandeng Juwana Elrina. Dalam event tersebut terdapat serangkaian acara yang diselenggarakan berupa sosialisasi manfaat konsumsi ikan dan demo masak bandeng boneless.

Pada peringatan Hari Ikan Nasional yang pertama ini ditemukan fakta bahwa kesadaran masyarakat akan konsumsi ikan di  Kota Semarang masih rendah. Menurut data dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Semarang pada tahun 2013 konsumsi ikan oleh masyarakat Kota Semarang sebesar 23,7 di mana angka tersebut masih cukup jauh dari angka ideal konsumsi ikan nasional yaitu sebesar 31,64kg/kapita/tahun.

Melalui Event Semarak Bandeng Sehat, mahasiswa Ilmu Komunikasi Undip  ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat Kota Semarang untuk mengkonsumsi ikan. Salah satu jenis ikan yang paling mudah didapat dan cukup terjangkau untuk dikonsumsi masyarakat adalah ikan bandeng. Lebih dari itu, ikan bandeng memiliki nilai gizi yang cukup tinggi seperti omega 3 yang bermanfaat bagi perkembangan otak.

Ibu Rofiah, salah satu peserta demo masak, mengaku senang ikut terlibat dalam acara “Semarak Bandeng Sehat”. “Saya senang mengikuti acara seperti ini, pengetahuan saya tentang variasi pengolahan ikan bertambah, terutama ikan bandeng. Jadi tidak bosan untuk mengkonsumsi ikan dengan berbagai jenis olahannya.” tuturnya.

Risang Endra, sebagai ketua pelaksana Event Semarak Bandeng Sehat mengungkapkan harapan terkait penyelenggaran event Semarak Bandeng Sehat dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di Kota Semarang untuk mengkonsumsi ikan.

“Harapan saya dengan diadakannya Event Semarak Bandeng Sehat pada peringatan Hari Ikan Nasional ini, kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan semakin meningkat. Melalui sosialisasi pentingnya konsumsi ikan dan demo masak bandeng, diharapkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya gizi yang terdapat pada ikan dan pengetahuan tentang berbagai pengolahan ikan akan meningkat, sehingga akan tumbuh minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan,” harapnya.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply