Lebaran di Semarang Kunjungi 8 Tempat Ini

0

Lebaran saat yang istimewa untuk berkumpul bersama keluarga, baik itu di rumah maupun di tempat-tempat wisata. Jika Anda Lebaran di Semarang, ada banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Banyak potensi wisata yang tersimpan di sini, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata buatan. Berikut 8 tempat yang bisa menjadi pilihan saat libur Lebaran di Kota Semarang.

1. Kawasan Simpang Lima
Lapangan Pancasila yang dibangun pada tahun 1969 ini, kini menjadi landmark kota Semarang. Kawasan yang terkenal dengan sebutan Simpang Lima ini, kini menjadi pusat belanja dan ruang publik Semarang. Berbagai fasilitas ada di kawasan ini, mulai dari hotel-hotel berbintang, pusat hiburan, pusat kuliner ketika malam hari, pusat olah raga ketika pagi terutama di hari Minggu, dan juga ada masjid yang cukup besar, sebagai tempat ibadah bagi yang sedang berkunjung di kawasan ini. Saat malam, Simpang Lima juga berubah menjadi pusat kuliner dengan berbagai pilihan yang menggoda selera.

2. Lawang Sewu dan Tugu Muda
Bangunan karya Arsitek Belanda Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag menurut catatan sejarah dibangun tahun 1904, dan diresmikan pada 1 Juli 1907. Gedung yang pernah menjadi kantor pusat kereta api ini berdiri di tengah kota Semarang, menghadap Tugu Muda. Memiliki luas tanah hampir dua hektar dan sangat kental dengan gaya art deco. Terdiri dari dua bangunan utama, dan satu bangunan yang diperuntukkan untuk gudang lengkap dengan ruangan bawah tanah. Yang paling khas dan menarik dari bangunan ini selain jumlah pintunya yang banyak adalah kaca patri yang terletak persis di bawah kubah gedung utama. Lawang Sewu saat ini menjadi tempat wisata paling terkenal di Semarang.

3. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang megah dan spektakuler, dengan luas 10 ha dan berkapasitas 13 ribu jemaah, berlokasi di Jalan Gajah Semarang Timur. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti convention hall, souvenir shop, pujasera, gedung perkantoran, perpustakaan, museum, dan wisma penginapan. MAJT juga memiliki Menara Asmaul Husna setinggi 99 Meter, Anda bisa menikmati indahnya Kota Semarang dari puncak menara ini.

4. Kota Lama
Banyak peninggalan kuno berupa bangunan-bangunan beraksitektur Belanda yang sampai saat ini masih kokoh berdiri di kawasan Kota Lama. Di antaranya ada yang difungsikan sebagai hotel, rumah tinggal dan perkantoran perusahaan jawatan. Di sekitar Johar, gedung-gedung tua tersebut jumlahnya cukup banyak hingga disebut sebagai kawasan Kota Lama, al. Stasiun Kereta Api Tawang, Gereja ST. Yusuf Gedangan, Susteran Gedangan, Gereja Blenduk, Gedung PT. Asuransi Jawasraya, Gedung Marba, Gedung Bank Bumi Daya, Marabunta dan De Spiegel. Kawasan ini telah direvitalisasikan dan dijadikan kawasan cagar budaya.

6. Waduk Jatibarang dan Goa Kreo
Gua kreo telah lama menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung di Semarang. Kini dengan dibangunnya Waduk Jatibarang, pesonanya kian berkilau. Seperti Pulau Samosir, Goa Kreo berada di tengah hamparan air Waduk Jadibarang. Kemegahan bangunan bendungan Jatibarang juga menjadi daya tarik tersendiri. Bendungan ini menjadi satu-satunya bendungan di Indonesia yang berada di kota.

5. Klenteng Sam Poo Kong
Dibangun oleh seorang dari Tiongkok bernama Sam Poo Tay Djien dalam lawatannya ke Semarang. Klenteng ini memberikan inspirasi bagi berkembangnya berbagai legenda mengenai kota Semarang dan merupakan situs sejarah yang menyimpan legenda kedatangan laksamana Ceng Ho dari negeri China pada waktu berlayar keliling dunia. Terletak di Jl. Simongan 129 kurang lebih sekitar 2 km dari Tugu Muda kearah Barat Daya.

7. Bonbin Semarang
Tidak hanya keragaman satwa dan tanaman, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas di Bonbin atau Taman Margasatwa Semarang. Ada aneka permainan anak, gedung sinema satwa, museum satwa, arena ketangkasan, outbound, serta wahana waterboom. Tempat wisata yang menempati areal seluas 9 hektar berlokasi di di Jalan Raya Semarang – Kendal KM. 18, seberang Terminal Mangkang Semarang.

8. Puri Maerakaca
Puri Mareakaca merupakan miniatur provinsi Jawa Tengah yang terletak di sebelah barat PRPP, sekitar 3 KM dari bandara Ahmad Yani Semarang. Taman ini dibangun pada tahun 1993, menempati areal seluas 23,84 ha. Yang terdiri dari berbagai anjungan dari 35 daerah kabupaten/kotamadya dati II se-Jawa Tengah, dengan desain bercirikan arsitektur khas daerah masing-masing.

Selain delapan tempat tersebut, tentu masih banyak tempat lain yang bisa Anda kunjungi. Seperti di kawasan Semarang atas yang menyajikan panorama malam yang mempesona. Atau juga bisa ke daerah yang dekat dengan Kota Semarang seperti di kawasan Bandungan dengan Candi Gedong Songo dan berbagai wisata alam lainnya.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply