Kopi yang Bagus Banyak Manfaatnya

0

Menikmati kopi telah menjadi kebiasaan banyak orang, meski begitu banyak anggapan bahwa menikmati kopi itu kurang baik buat kesehatan. Bisa jadi hal tersebut karena kurangnya pengetahuan akan kopi yang bagus. Dengan mengonsumsi kopi yang bagus banyak manfaat yang bisa didapatkan.

“Di sini kopi memiliki konotasi tidak sehat, sedang di Amerika kopi memiliki konotasi menyehatkan. Karena itu saya ingin mengenalkan kopi yang bagus pada masyarakat Semarang. Terutama kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang memang sudah terkenal bagus,” papar Evani Jesslyn, pemilik Strada Caffe saat ditemui di kafenya beberapa waktu lalu.

Untuk menghadirkan kopi yang bagus, tidak tanggung-tanggung, Evani belajar di berbagai kelas kopi internasional. Di antaranya, mengikuti roasting class di San fransisco, belajar barista di Singapura, hingga memperoleh sertifikat Q Arabica Grader yang diakui dunia. Bahkan, Evani tercatat sebagai orang termuda di dunia yang berhasil mendapatkan sertifikat tersebut.

“Saya tidak suka kopi yang pahit, karena itu saya berusaha membuat kopi bagus dan enak untuk dinikmati. Melalui proses tertentu kita bisa menghasilkan kopi yang enak tanpa perlu menambahkan gula di dalamnya. Untuk kesegaran rasa kami baru akan menyeduh kopi setelah ada pesanan,” jelas lulusan University of California Berkeley ini.

Evani sangat bangga dengan berbagai jenis kopi di nusantara yang telah terkenal memiliki kualitas yang bagus. Karena itu untuk menyajikan hasil kopi terbaik, pengusaha muda asal Semarang ini langsung terjun untuk memilih kopi dari para petani. Berbagai daerah penghasil kopi telah dikunjunginya, baik di Jawa, Sumatera, Bali, Papua, dan berbagai daerah lainnya.

“Kopi yang bagus tentu juga harus diproses secara tepat. Contohnya bagaimana menyeduh kopi, harus diperhatikan suhu airnya sekitar 92 C, rasio kopi dan airnya 8.25gr berbanding 150ml. Tidak hanya itu, waktu meminum kopi juga harus diperhatikan, waktu yang paling efektif untuk ngopi adalah pukul 09.30-11.00 dan pukul 13.30-17.00,” ungkapnya.

Dengan kopi yang bagus dan proses yang tepat, kafein memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan. Menurut Evani dari berbagai sumber ilmiah yang dia baca, kopi memiliki manfaat untuk, di antaranya: Menurunkan risiko diabetes tipe 2, menurunkan berat badan, meningkatkan daya ingat dan mencegah alzheimer, menyembuh sakit kepala, serta memberikan energi dan kemampuan fokus.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply