Komunitas Tangan Terampil Kembangkan Potensi UKM

0

Komunitas ini berawal dari para pendirinya yang sering melakukan kegiatan dengan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan telah melakukan pembinaan terhadap pengrajin. Kemudian dilanjutkan dengan memfokuskan diri untuk melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat. Guna mewujudkan adanya pelaku UKM yang berkualitas dan professional.

Hal tersebut kemudian dirumuskan menjadi visi Komunitas Tangan Terampil, yaitu menjadikan kelompok usaha bersama sebagai wadah pencerdasan, pencerahan dan pemberdayaan masyarakat. Khususnya wanita di Kota Semarang demi terwujudnya komunitas masyarakat yang kreatif, maju dan mandiri

Sedangkan misi komunitas ini, di antaranya untuk mengembangkan potensi pelaku UKM secara kualitas dan kuantitas dalam hal produk hasil kreasi di bidang pangan atau pun non pangan di wilayah semarang dan sekitarnya. Selain itu juga berperan akfit menumbuhkan dan mengembangkan kualitas pelaku UKM khususnya wanita rawan sosial ekonomi di Kota Semarang dan sekitarnya. Menuju pada professional dan daya cipta, guna menunjang pertumbuhan ekonomi dan aktualisasi diri.

“Tangan Terampil adalah pendampingan dan pemberdayaan masyarakat yang bergerak di bidang kerajinan pangan ataupun non pangan yang mengangkat potensi lokal dan dan memiliki ciri khas Indonesia. Sasaran Tangan Terampil adalah masyarakat khususnya kaum wanita yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk berkembang dan bertekad membantu beban ekonomi keluarga serta meningkatkan taraf hidup melalui ketrampilan,” papar Naneth A. Ekopriyono, salah seorang pendamping UKM Tangan Terampil di seketariat Jl. Atmodirono Raya 7C Semarang.

Sedangkan tujuan komunitas ini di antaranya, menjadikan masyarakat sebagai pelaku UKM yang mandiri dan bernilai tinggi. Meningkatkan kemampuan masyarakat di bidang kerajinan tangan dan kerajinan makanan dalam hal soft skill ataupun hard skill. Serta memasarkan produk UKM yang berpotensi komersial dengan mengangkat komoditas unggulan produk lokal.

“Bagi yang tertarik ingin bergabung, Tangan Terampil terbuka bagi masyarakat umum. Syaratnya cukup dengan mendaftar dan aktif terlibat dalam kegiatan operasional, dalam bentuk penyetoran produk, produksi, pemasaran ataupun keikutsertaan,” jelas wanita yang juga pemilik Trasty Batik ini.

Untuk keanggotaan di Tangan Terampil ada beberapa jenis. Anggota partisipatif adalah masyarakat umum yang telah terdaftar dan ikut serta di kegiatan yang diselenggarakan dengan membawa produk masing-masing tanpa disertakan dalam proses produksi yang dilakukan KUB. Anggota Luar Biasa adalah masyarakat umum yang dianggap memiliki kontribusi positif terhadap pengembangan KUB. Serta, anggota Produktif adalah masyarakat umum yang terpilih untuk terlibat aktif dalam proses produksi baik dalam bentuk penyetoran produk ataupun proses produksi.

Tangan Terampil juga melakukan berbagai kegiatan, di antaranya, Pelatihan Ketrampilan Tangan, ini berupa memberikan pelatihan ketrampil tangan yang mudah dilakukan dan memiliki nilai ekonomi antara lain pelatihan membuat aksesoris, manik-manik, sulam pita, membatik dll. Selain itu, juga melakukan pelatihan kewirausahaan, berupa melakukan identifikasi dan menggali potensi produk lokal di Semarang dan sekitarnya. Serta melakukan pelatihan wirausaha untuk menumbuhkan pelaku UKM khusunya bagi wanita sebagai upaya turut serta membantu perekonomian keluarga.

“Kami juga melakukan pendampingan, dengan monitoring dan coaching bagi pelaku UKM agar mampu menjadi UKM yang mandiri dan berhasil. Selain itu juga melakukan kemitraan dan permodalan, guna membantu pelaku UKM di bidang permodalam dengan pinjaman bunga lunak dengan syarat dan ketentuan,” tambahnya.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply