Kerja Keras untuk Meraih Sukses Semuda Mungkin

0

Setiap orang memiliki jalannya sendiri untuk merintis usaha. Ada yang merintis sejak muda ada pula yang memulai setelah bosan bekerja kantoran. Nourrobby Aulada, Pemiliki Bebek Betutu Mas Robby salah satu yang merintis usaha sejak masih sangat muda. Dia telah mulai usaha sejak masih belajar di salah satu SMA di Semarang.

“Sejak SMA saya telah mulai usaha dengan menjual sepatu khusus wanita dan juga berjualan stiker. Lulus SMA mulai mencoba beternak lele. Saat awal kuliah saya membuka angkringan dengan konsep kafe. Karena konsepnya kurang diterima, kemudian saya mencoba menawarkan menu bebek betutu. Semua usaha ini saya lakukan karena kepepet, gimana caranya menghidupi minimal diri sendiri,” papar cowok kelahiran 23 Agustus 1995 ini.

Jatuh bangun dalam berusaha membuat cowok yang akrab dipanggil Mas Robby ini semakin berpengalaman dalam berbisnis. Mas Robby kemudian mencoba menerapkan strategi bisnis yang tepat pada Bebek Betutu Mas Robby. Berbagai hambatan di awal mendirikan Bebek Betutu Mas Robby mampu diatasi, hingga kini Bebek Betutu Mas Robby telah memiliki 3 tempat di Semarang.

Bebek Betutu Mas Robby dikonsep sebagai resto yang menyajikan sebuah olahan makanan khas bali dengan cita rasa lidah Jawa. Makanan tradisional ini dikemas secara modern dengan mengusung menu sehat dan nikmat. Sehat di sini karena menu bebek betutu yang dihadirkan tanpa micin, rendah kolesterol karena lemak dibuang dan bebek tidak digoreng, serta menggunakan rempah-rempah asli.

“Sebelum membuka Bebek Betutu Mas Robby, saya belajar masak hingga tercetus ide untuk menjadi pioner bebek betutu di Semarang. Memang tidak mudah untuk memulai bisnis dari bawah. Untuk mensiasatinya saya menjalankan sendiri bisnis ini. Setelah merasa tidak mampu mengelola sendiri, saya memutuskan untuk mencari karyawan,” jelas lulusan D3 Teknik Elektro Polines ini.

Strategi lain di awal usaha, Mas Robby membidik pasar masyarakat sekitar. Cowok yang hobi masak ini juga membuka usaha di garasi rumah keluarganya yang terletak di Jalan Fatmawati Raya, Ruko PSIS Blok AB No 1-2 Semarang, sehingga cukup menghemat karena tidak mengeluarkan biaya untuk sewa tempat.

“Saat babat alas, ketika usaha tidak mencapai target, biasanya saya mencoba menghibur diri dan memunculkan ide-ide baru. Setelah 1 tahun berjalan, usaha saya menawarkan makanan tradisional yang dikemas modern mulai diterima masyakarat. Pada tahun kedua, saya mencoba membuka cabang, cabang pertama di Jalan Erlangga tidak bertahan lama. Namun cabang di Tembalang dan Pecinan terus berkembang hingga saat ini,” ungkap penyuka nasi goreng ini.

Meski usahanya untuk membangun Bebek Betutu Mas Robby mulai menampakkan hasil, Mas Robby tetap berusaha memunculkan ide-ide baru. Dalam waktu dekat dia menargetkan untuk menghadirkan food truck dan tetap bekerja keras untuk mengembangkan usahanya. Seperti motto hidupnya:  “Kerja keras, raih kesuksesan semuda mungkin”.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply