Kampung Pelangi, Wisata Kekinian yang Mengangkat Nama Semarang

0

Melalui Akun Instagramnya Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang, mengunggah foto kerja bakti mengecat sebuah kampung yang berada di belakang Pasar Bunga Kalisari. Berawal dari situlah warganet mulai ramai membicarakan Kampung Pelangi yang juga dikenal dengan nama Kampung Gunung Brintik. Tidak lama, foto kampung pelangi menjadi hits di social media, terutama Instagram dengan tagar #KampungPelangi.

Ramainya pembicaraan di Instagram dan banyaknya foto-foto yang diunggah, membuat berbagai media, baik nasional maupun luar negeri untuk mengangkat Kampung Pelangi ini. Sebutlah media Inggris, The Independent dan Mirror hingga situs konten media sosial seperti BuzzFeed dan BoredPanda. Untuk media nasional hampir semua media memberitakan kampung pelangi ini.

Perhatian berbagai media dunia terhadap Kampung Pelangi, membuat kampung ini semakin ramai dikunjungi. Bisa dikatakan kampung yang belum lama dikonsep sebagai tujuan wisata ini telah mengangkat nama Kota Semarang. Untuk terus memelihara dan meningkatkan pesona Kampung Pelangi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang kemudian melakukan pembinaan sadar wisata dan sapta pesona wisata. Salah satu langkah awal adalah dengan membentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

“Kampung Pelangi ini merupakan ide kreatif dari Semarang. Kreatif karena mampu membuat sesuatu yang unik dan belum ada di kota ini. Apalagi Kampung Pelangi sebelumnya merupakan kawasan kumuh, yang kini menjadi kawasan wisata yang menarik,” papar Kadisbudpar Kota Semarang Masdiana Safitri saat dimintai tanggapannya tentang fenomena Kampung Pelangi ini, beberapa waktu lalu di kantornya.

Masdiana menambahkan, yang terpenting adalah adanya kerja sama dan tanggung jawab dari pemerintah, masyarakat, dan CSR dari perusahaan, untuk terus membenahi Kampung Pelangi. Meski saat ini Kampung Pelangi sudah menarik dan banyak dikunjungi masyarakat. Namun masih banyak yang perlu ditingkatkan lagi.

“Kampung Pelangi masih akan terus berbenah agar benar-benar menjadi tujuan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Seperti sungai akan dibersihkan dan pembenahan fasilitas lainnya. Sejalan dengan itu, juga akan dihadirkan berbagai kreativitas di sana, baik itu berupa acara kreatif maupun pernak-pernik khas yang menambah keunikan,” jelasnya.

Beberapa hal seperti kantin, tempat oleh-oleh, dan pemandu wisata, menurut Masdiana merupakan penunjang yang akan membuat pengunjung bisa menikmati wisata di Kampung Pelangi. Karena itu pemerintah akan terus memotivasi warga agar Kampung Pelangi menjadi tujuan wisata yang unik, aman, nyaman, dan bersih.

“Kami akan bekerja sama dengan berbagai pihak agar kawasan wisata di Kota Semarang bisa terintregasi. Di Kawasan ini ada Lawang Sewu, Tugu Muda, Pandanaran, Kampung Pelangi, hingga Sam Poo Kong. Jika terintegrasi tentu akan semakin menarik kunjungan wisatawan ke Kota Semarang,” imbuhnya.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply