Game Developer Semarang Kolaborasi untuk Karya Besar

0

Suka bermain game? Itu sudah biasa, kini bukan saatnya untuk hanya bermain game tapi juga membuat game. Kesadaran untuk tidak hanya menjadi penikmat dari perkembangan teknologi itu menjalar di berbagai kota di Indonesia, termasuk tentunya di Semarang. Beberapa studio maupun perseorangan pembuat game sudah lama ada di kota ini.

Game Developer di Semarang juga telah memiliki komunitas. Awal mula komunitas ini dari adanya event Global Game Jam, yang pada saat itu dipelopori oleh Wandah Wibawanto, dosen dan salah satu game developer Semarang. Namun kemudian vakum dan mulai aktif kembali setelah ada bincang-bincang antara beberapa game developer di Semarang, yang ingin membuat komunitas Game Developer Semarang aktif dan punya acara rutin. Studio tersebut yaitu Moonshard Studio, Flatpastel Studio, dan Inlander Studio.

“Akhirnya dari bincang-bincang tersebut ditentukan bahwa akan diadakan gathering komunitas. Gathering pertama kami, yaitu pada tanggal 5 Desember 2015. Acara gathering kami juga dibarengi dengan acara Playday temen-temen Komunitas Boardgame Semarang,” papar Haris Praba Aditya, ketua Komunitas Game Developer Semarang, menceritakan awal pembentukan komunitas.

Berbagai kegiatan juga telah diadakan komunitas ini, di antaranya Global Game Jam. Sudah 3 kali Semarang ikut meramaikan Global Game Jam. Akhir Januari 2016 ini, komunitas ini juga ikut meramaikan event Global Game Jam lagi. Selain itu komunitas ini juga mengadakan gathering rutin. Tujuan gathering ini untuk bisa sharing antar anggota dan saling mengenal satu sama lain.

“Temen-temen yang aktif cukup banyak. Baik aktif di forum online di group Facebook maupun pada saat acara gathering. Gathering kami biasanya ada 30 lebih teman-teman yang hadir. Untuk anggota di group Facebook ada kurang lebih 180 anggota,” jelas pemuda kelahiran 29 Januari 1993 ini.

Latar belakang anggota Game Developer Semarang bermacam-macam, banyak yang masih mahasiswa, ada juga yang sudah memiliki studio. Bahkan ada juga yang sudah bekerja walau pekerjaannya bukan di bidang game development, tetapi menekuni bidang game development juga ada.

“Cara bergabung dengan komunitas Game Developer Semarang sangat mudah. Temen-temen cukup join ke grub facebook kami di facebook.com/groups/gamedevsmg/ dan datang ke acara kami. Acara terdekat nanti ada Global Game Jam, teen-temen bisa daftar di dicoding.com/events/62,” terang cowok yang hobi bermain video games ini.

Tentu banyak manfaat jika bergabung dengan komunitas ini. Seperti tujuan awal komunitas ini, yang ingin ada wadah untuk teman-teman Game developer di Semarang. Komunitas ini ingin membentuk ekosistem game developer di Semarang. Sehingga anggotanya bisa mendapatkan manfaat seperti, mendapatkan ilmu, karena di setiap acara gathering memang dikhususkan untuk share ilmu dan pengalaman.

“Bisa juga temen-temen mencari partner bagi temen-temen yang pengin memulai membuat studio sendiri. Atau info-info terkait dunia game developmet. Tetapi kembali lagi karena ini adalah komunitas, tentunya kontribusi dari temen-temen anggota juga sangat penting untuk kemajuan komunitas. Dan kontribusi itulah yang akan menjadi manfaat untuk anggota yang lain,” jelas penyuka makanan sate ayam ini.

Untuk Kota Semarang, komunitas ini berharap ke depan agar semakin terbentuk ekosistem yang dapat mendukung perkembangan game developer di Semarang dan sekitarnya. Tentunya jika komunitas dan ekosistem telah terbentuk, berbagai manfaat semakin mudah untuk didapatkan. Baik itu untuk mendapatkan informasi, sampai mencari partner untuk mengembangkan team.

“Kami juga ingin agar ada kesadaran dari temen-temen komunitas untuk selalu menjunjung tinggi budaya khususnya budaya kami sendiri di Kota Semarang. Seperti membuat game yang mempunyai unsur budaya. Ke depan kami juga sangat menginginkan adanya kolaborasi yang terjadi dalam komunitas ini. Kolaborasi untuk membuat karya-karya besar yang bisa menjungjung tinggi daerah dan komunitas ini sendiri. Serta memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat pada umumnya,” harapnya.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply