Cara Orang Semarang Menjaga Kesehatan

0

Setiap orang memiliki cara untuk menjaga kesehatannya. Ada yang kadang terasa unik, ada pula dengan menjaga kesehatan sesuai standar yang telah banyak diikuti. Salah satu yang terasa unik adalah cara yang dilakukan Mahatma Gandhi, salah satu tokoh dunia yang berasal dari India. Tokoh perdamaian ini menjaga kesehatan dengan menghindari kekerasan. Menurutnya, kekerasan dapat menimbulkan banyak masalah pada kesehatan, salah satunya adalah stres.

Dengan hidup damai dan tenang memiliki risiko yang rendah pada penyakit jantung dan hipertensi. Karena itu, Mahatma Gandhi juga melakukan meditasi untuk mengurangi stres maupun kecemasan. Cara unik lain Mahatma Gandhi untuk menjaga kesehatan adalah dengan memaafkan diri dan orang lain. Memaafkan ternyata baik untuk kesehatan mental dan fisik. Dengan memaafkan bisa menurunkan tekanan darah, depresi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Gandhi juga menjaga kesehatan dengan terus berjalan, dia pernah melakukan perjalanan sejauh 390 km sebagai aksi protesnya. Itulah yang membuat dirinya semakin kuat. Selain itu
juga dengan tidur dan bangun lebih awal, menghindari alkohol dan tembakau, serta berpuasa. Ya, itu adalah cara salah satu tokoh dunia dalam menjaga kesehatan, bagaimana dengan cara orang Semarang menjaga kesehatan? Untuk memperoleh gambaran Tabloid Simpang5 mewawancarai beberapa nara sumber dari bidang yang berbeda.

Yang pertama adalah Bela Apreliya, Sekretariat DPD Persagi (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) Jawa Tengah. Menurut lulusan D3 Gizi Poltekkes Kemenkes Semarang ini, untuk menjaga kesehatan perlu mengonsumsi makanan yang bergizi dan teratur. Sehari makan besar 3 kali pada pagi, siang, dan malam, serta ngemil 2 kali. Untuk makan juga harus tepat waktu, hindari sering telat makan. Sepiring makan berisi karbohidrat, lauk hewani dan nabati, sayur dan buah.

“Pilih makanan yang bergizi, makanan bergizi gak perlu mahal, tempe tahu telur udah bergizi tinggi protein loh. Batasi makanan yang terlalu berlemak, manis, dan asin. Perbanyak sayur dan buah. Minum air putih min 2 liter setiap hari. Selain jaga pola makan, juga perlu memperhatikan aktivitas fisik. Olahraga minimal 2-3 kali perminggu. Yuk hidup sehat, You are what you eat,” jelas Bela Apreliya.

Yang kedua dari Emily Firdiana Soemodipoero, Event Consultant yang masih muda dan cukup dikenal di Semarang. Lulusan Manajemen Universitas Diponegoro ini menceritakan, sejak tahun 2012 sudah mulai menerapkan hidup sehat. Seperti menjaga pola makan dengan tidak memakan fast food dan mi instan, serta melakukan olahraga ringan secara rutin dan harian seperti sit ups, push ups, dan squats, serta cardio jika sempat.

“Minum air putih juga harus minimal 3 botol setiap harinya untuk melancarkan metabolisme. Walaupun terkadang sempat bolong-bolong dikarenakan aktivitas, sejak bulan Oktober ini saya menerapkan program #Octodiet untuk mendapatkan berat badan ideal, sejak tanggal 1 sampai dengan sekarang sudah berkurang 3kg dan akan terus berlanjut hingga target 5kg tercapai. Wish me luck!,” papar cewek yang juga aktif di sosial media ini.

Yang ketiga komentar dari Namira Fanessa, Marketing Communications Manager AtoZ Bar, Wine & Brasserie. Menurut Namira, merawat kesehatan tubuh agar selalu bugar dan sehat adalah suatu kewajiban agar dapat melakukan aktifitas sehari-hari. Memang waktu kecil masih diperhatikan orang tua, namun setelah dewasa ini harus mandiri untuk menjaga kesehatan.

“Ibu saya selalu mengajarkan untuk berpikir positif karena di balik tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat pula, maka saya harus selalu berfikiran positif untuk mencegah stres. Selain itu segala penyakit dapat bersumber dari pikiran atau stres, dan penyakit pikiran akan memberikan dampak negatif ke tubuh kita sehingga menimbulkan penyakit,” imbuhnya.

Namira juga berusaha untuk selalu tersenyum, ini merupakan salah satu tips Namira untuk memberikan aura positif pada diri saya sendiri. Tidak lupa, Namira juga mengonsumsi madu murni setidaknya satu sendok perhari sebelum beraktivitas. Serta menjaga porsi makanan yang wajar dan tidak berlebihan.

Bagaimana dengan cara Anda menjaga kesehatan?

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply