Cantik itu Menjadi Diri Sendiri

0

Artis sering menjadi acuan kecantikan bagi banyak orang. Lalu apa yang menjadi acuan kecantikan bagi para artis? Menarik membaca komentar tentang kecantikan dari Dian Sastrowardoyo. Bintang yang namanya melejit lewat film AADC ini mengatakan: Penampilan yang cantik adalah saat kita merasa nyaman dengan diri sendiri, saat kita tidak iri dengan orang lain kita akan lebih cantik.

Di kesempatan lain, Dian Sastrowardoyo mengungkapkan, seringkali sebal dengan konsep kecantikan pada umumnya. Dian mengaku lebih fokus untuk menjaga kesehatan dan penampilannya, sedangkan terlihat cantik adalah bonus. Untuk menjaga kesehatan, Dian seperti standar orang pada umumnya, dan menjadikan kegiatan tersebut sebagai kebiasaannya.

Apa saja kebiasaan tersebut? Pertama adalah minum air putih. Ia membuka pagi dan menutup harinya dengan minum air putih, tentunya dia juga minum air putih yang cukup selama beraktivitas. Selain itu, Dian juga rajin berolahraga, cukup tidur, menjaga penampilan tetap bersih dan rapi, serta tetap beraktivitas agar tubuh terus bergerak.

Itulah sedikit gambaran tentang seorang Dian Sastrowardoyo dalam memaknai kecantikan. Bagaimana pendapat masyarakat Semarang tentang kecantikan? Tabloid Simpang5 mewawancarai beberapa orang dari bidang berbeda untuk mengungkapkan pendapatnya. Setidaknya bisa menjadi gambaran, apa itu cantik, bagi warga Semarang.

Komentar pertama dari Ladrina Bagan, Digital Branding & Marketing Enthusiast yang saat ini tinggal di Semarang ini berpendapat, cantik itu bahagia jadi diri sendiri, sayang sama diri sendiri, dan percaya sama diri sendiri. “Kalau bisa memperlakukan diri sendiri dengan baik, aura cantiknya pasti keluar, dan orang akan melihat kita sebagaimana kita melihat diri kita,” jelas Ladrina.

Pendapat kedua dari Dyah Listyorini, wanita yang telah lama berkecimpung di dunia perhotelan ini memiliki pendapat yang tidak jauh berbeda dengan Ladrina. Menurut Dyah, cantik itu ketika seseorang bisa menjadi diri sendiri. Dan ketika bangga dan nyaman tanpa harus melakukan permak ataupun operasi sesuatu yang ada di tubuh kita.

“Karena cantik itu adalah ketika kita bisa menerima pemberian Allah SWT tanpa melebihkan dan mengurangi yang sudah ada di tubuh kita dan tidak lupa selalu bersyukur. Percantiklah dirimu dengan kebaikan hatimu. And the real beauty it comes from your heart not just your face,” papar wanita yang kini menjadi Pengusaha Keripik Singkong Presto ini.

Yang ketiga pendapat dari Rendy Aryo Pamungkas, Staf Wakil Rektor I Universitas PGRI Semarang. Menurutnya, setiap orang memiliki kacamata yang berbeda dalam hal menilai kecantikan. Dia melihat kecantikan seseorang tidak hanya ditentukan dari penampilan fisiknya saja, tapi lebih ditentukan oleh kecantikan dari dalam.
“Tidak cukup hanya kecantikan secara fisik, namun kecantikan secara emosional dan spiritual-lah yang selalu membuat seseorang menjadi pusat perhatian. Sejatinya, kecantikan akan selalu melekat kepada mereka yang pandai menempatkan diri,” urai Rendy.

Cantik itu menjadi diri sendiri, begitu setidaknya salah satu nilai yang bisa diambil dari tiga pendapat di atas. Anda tentu bisa memiliki pendapat yang berbeda tentang makna kecantikan. Jadi, menurut Anda cantik itu…

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply