Android RAM 8 GB Pertama di Dunia Dirilis Asus

0

Berbagai inovasi terus dihadirkan para pemain di industri ponsel agar terus bisa diterima oleh pasar. Asus misalnya terus menghadirkan berbagai pembaharuan di jajaran smartphone seri Zenfone yang diusungnya. Yang terbaru, Asus menghadirkan Zenfone AR dalam ajang Consumer Electronics Show 2017 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Zenfone AR menarik perhatian karena perangkat ini dilengkapi dengan RAM 8 GB. Asus mengklaim, salah satu ponsel terbarunya ini sebagai smartphone pertama di dunia yang mengusung RAM setinggi itu. Sebelumnya, RAM tertinggi yang ditanam di smartphone sebesar 6 GB. Semakin tinggi RAM tentu akan semakin meningkatkan kinerja smartphone.

Tidak hanya dari sisi RAM, Zenfone AR sesuai dengan namanya juga dilengkapi dengan serangkaian hardware khusus untuk menjalankan platform Augmented Reality (AR) Tango bikinan Google. Zenfone AR adalah ponsel kedua di dunia yang menyertakan dukungan terhadap Tango, sebelumnya fungsi tersebut sudah diusung Lenovo Phab Pro.

Smartphone ini tidak hanya mendukung fungsi AR tapi juga bisa digunakan untuk platform Virtual Reality (VR) Daydream besutan Google. Meski dari sisi ukuran sedikit lebih besar dari Pixel XL (5,5 inci), Zenfone AR masih bisa masuk ke headset VR Daydream View. Fungsi AR dan VR tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi produk ini.

Untuk saat ini, aplikasi VR cukup banyak tersedia untuk smartphone, sedangkan untuk AR masih relatif terbatas. Google Play Store memiliki sekitar 30 aplikasi AR yang bisa digunakan bagi yang memiliki ponsel Android yang mendukung fungsinya.

Spesifikasi Zenfone AR tergolong dalam jajaran ponsel kelas atas. Smartphone ini mengusung prosesor Snapdragon 821 yang akan mampu mengoptimalkan fungsi Tango. Di dalamnya juga tertanam kamera utama dengan resolusi 23 megapiksel, kamera motion tracking, serta kamera depth sensing untuk keperluan AR.

Layar Zenfone AR menggunakan teknologi AMOLED dengan bentang layar 5,7 inci dan resolusi 2.560 x 1.440 piksel. Tidak ketinggalan, untuk mendukung berbagai fungsi yang ditanamkan, Asus juga menghadirkan sistem operasi terbaru, Android 7.0 Nougat.

Seperti diberitakan The Verge, Kamis (5/1/2017), Asus rencananya akan meluncurkan Zenfone AR ke pasaran pada kuartal kedua 2017. Untuk tanggal pastinya sampai saat ini belum diumumkan, begitu pula dengan harganya. Tidak ketahui pula apakah smartphone ini akan langsung dipasarkan secara global atau di negara tertentu terlebih dahulu.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply