Alsa Ingin Menginspirasi Banyak Orang

0

Muda dan berprestasi, dua kata tersebut sepertinya tepat untuk menggambarkan sosok Herliansa Chrisnasari Puspita, Denok Kota Semarang 2017. Di usianya yang masih sangat muda, cewek kelahiran Semarang, 14 Desember 1996 ini telah meraih berbagai prestasi, baik tingkat lokal maupun nasional. Mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Semarang ini juga memiliki banyak bakat mulai dari modelling, acting, presenting, menyanyi, hingga makeup artist.

Sebagai warga Semarang, Alsa, panggilan akrabnya juga ingin berperan untuk kemajuan kota ini, terutama dalam bidang pariwisata. Menurutnya agar Semarang menjadi salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, hal utama yang perlu dibenahi adalah sumber daya manusia, dengan memberi kesadaran akan pentingnya pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mengetahui lebih jauh sosok yang memiliki motto hidup: “Kesempatan tidak akan datang dua kali, jadi gunakan kesempatan semaksimal mungkin dan belajar dari pengalaman” ini, Tabloid Simpang5 mewawancarainya beberapa waktu yang lalu, berikut kutipannya.

Selain terpilih sebagai Denok Semarang 2017, prestasi apa saja yang telah kamu raih?
Runner Up 4 Putri Pariwisata Indonesia 2017, Miss Medical Tourism Indonesia 2017, Miss Sophie 2017, dan Top 10 Putri Indonesia Jateng 2017

Bisa ceritakan bagaimana awalnya bisa tertarik ikut berbagai ajang tersebut?
Pada awalnya saya melihat ada pendaftaran ajang tersebut, saya tertarik untuk mencobanya, karena bagi saya pengalaman adalah guru yang paling terbaik. Apabila belum lolos juga tidak menjadi suatu halangan untuk saya mengikuti pemilihan lagi tahun depannya. Yang penting saya sudah mencoba dan berusaha semaksimal mungkin, hasil Tuhan yang menentukan.

Dan ternyata Tuhan bekerja luar biasa dimana pada ajang tersebut saya bisa lolos dan dapat menjadi Denok Semarang 2017, serta Top 5 Putri Pariwisata Indonesia 2017. Sungguh merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan, karena di tahun yang sama banyak hal yang saya pelajari. Serta memacu diri saya untuk upgrade dan meningkatkan kualitas diri lebih lagi.

Pengalaman apa saja yang didapatkan selama mengikuti berbagai ajang tersebut, terutama sebagai Denok Semarang 2017?
Tentunya banyak pengalaman yang saya dapatkan. Pengalaman paling berkesan adalah saya dapat mengenal dan dikenal oleh Bapak Wali Kota Semarang, Bapak Hendrar Prihadi beserta jajarannya. Hal tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi diri saya dapat mengenal pribadi yang ramah, humoris, dan rendah hati seperti beliau.

Pengalaman pertama dan paling berkesan saat menjadi Denok Kota Semarang ialah mengikuti kegiatan Apeksi di Malang mendampingi Bapak Wali Kota. Dengan adanya kegiatan Apeksi ini saya dapat berkontribusi secara langsung mempromosikan pariwisata Kota Semarang kepada rekan-rekan dari berbagai kota di Indonesia.

Tentu merupakan suatu kebanggan, terpilih menjadi Denok Semarang 2017. Punya tips bagi mereka yang ingin menjadi Denok Semarang tahun depan?
Tips bagi yang ingin menjadi Denok Semarang tahun depan ialah: Smart, kita harus cerdas dalam segala hal seperti menguasai materi seputar Kota Semarang, menjadi pribadi yang kritis dan peka terhadap perubahan-perubahan di sekeliling kita. Serta kita harus pandai dalam mengatur waktu mana yang menjadi prioritas harus kita dahulukan.

Charming, kita harus dapat menjadi pribadi yang menawan dan memiliki aura yang positif sehingga banyak orang akan tertarik pada kita melalui attitude, senyuman ataupun kepintaran kita.

Hospitable, kita harus menjadi pribadi yang ramah kepada siapapun dan di manapun kita berada. Sikap keramahan dapat ditunjukan dengan cara murah senyum dan menyapa siapa aja yang ada di sekeliling kita.

Sebagai Denok Semarang, tentu juga mengemban tugas sebagai duta wisata Semarang. Apa saja sih tugas dan tanggungjawab seorang duta wisata itu?
Tugas dan tanggung jawab seorang duta wisata pada dasarnya adalah menjadi rekan kerja bagi pemerintah Kota Semarang dalam hal mengembangkan pariwisata di Kota Semarang. Beberapa hal yang dapat dilakukan di antaranya, mempromosikan berbagai daya tarik wisata melalui media sosial, ataupun kita dapat menceritakan nilai-nilai plus Kota Semarang kepada teman-teman, serta kita dapat menjalin kerjasama dengan komunitas lain untuk menyemarakkan kegiatan wisata di Semarang.

Menurut kamu, apa saja yang perlu dibenahi dari Semarang agar menjadi salah satu kota tujuan wisata di Indonesia?
Yang perlu dibenahi dari Semarang ialah sumber daya manusia yang sadar akan pentingnya pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk target hidup, apa saja target yang ingin kamu raih dalam jangka pendek dan jangka panjang?
Target ke depan saya lulus S1, lanjut S2, dan bisa menjadi sosok wanita karier yang menginspirasi banyak orang.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply