6 Rahasia Lulus Ujian Nasional

0

Ujian Nasional adalah suatu ujian yang diberikan untuk kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA/SMK. Hal ini sangat ditakuti oleh siswa dan orangtua sendiri , karena jika siswa tidak lulus dia akan malu dengan teman-teman sekolah atau di lingkungan rumahnya.

Pemerintah memiliki niat yang baik membuat ujian nasional untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran di sekolah namun tidak disertai dengan fasiltas yang memadai, kualitas guru, dan faktor-faktor lainnya. Untuk itu siswa harus lebih aktif dalam mencari rahasia bagaimana lulus UN dengan nilai yang memuaskan. Berikut 6 Rahasia agar siswa lulus UN dan tips ini sudah dipraktikan di beberapa sekolah dan bimbingan belajar.

1. Kurangi Waktu Bermain
Bermain dengan teman-teman sekelas memang terasa menyenangkan tetapi saat ini kamu harus mengurangi waktu bermain karena akan menghadapi ujian yang akan dihadapi sekali seuumur hidup. Buatlah jadwal  bermain, jadwal belajar (di sekolah, rumah, bimbel), jadwal istirahat. Untuk jadwal belajar di rumah loe harus disiplin pertama-tama belajar durasi selama 30 menit, naik menjadi 1 jam sampai durasi belajar 2 jam. Loe bisa tentukan mulai belajar pukul 19.00

2. Rajin Olahraga
Kesehatan menjadi faktor yang penting untuk menjaga stamina dalam belajar. Cari apa hobby olahraga yang loe senangi seperti: jogging, futsal, basket, volley, bulu tangkis. Tentunya tetap dengan menentukan berapa jam waktu yang loe habiskan untuk olahraga, jangan sampai lupa waktu karena keasikan bermain dengan teman-teman. Intinya managemen waktu. Orangtua juga bisa mengingatkan kepada anak durasi bermain futsal atau jenis olahraga lain yang dia senangi.

3. Makanan Bergizi
Setiap pagi mintalah tolong kepada orangtua untuk menghidangkan makanan bergizi seperti telur setengah matang, susu. Setiap kali loe belajar biasakan diri untuk sarapan pagi , apalagi saat menghadapi ujian karena berpikir mampu menguras energi. Itu mengapa kita sering merasa kelaparan saat mengerjakan soal-soal pelajaran yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Otak membutuhkan supplai makanan yang cukup banyak saat digunakan dalam belajar.

4. Mengikuti Les Bimbingan Belajar
Pasti loe merasa belajar di sekolah tidak cukup dan masih banyak materi pelajaran yang loe belum mengerti. Biar loe nggak ketinggalan pelajaran dan sama teman-teman yang lainnya. Loe ambil les di luar sekolah seperti bimbingan belajar. Cari di internet bimbingan belajar yang paling bagus atau loe bisa masuk ke program kelas lulus UN www.bimbeledunesia.com

5. Latihan Soal
Pernah nggak loe saat belajar di sekolah atau bimbel paham tetapi setelah itu lupa? Kejadian ini sering dialami oleh banyak siswa. Ayo kenapa coba?  Latihan adalah kunci jawabannya agar setiap materi langsung nempel . Setiap pelajaran yang kau terima di sekolah atau bimbel , pelajari kembali di rumah disertai dengan soal-soal latihan. Misalnya loe ngerjai 50 soal mengeai persamaan kuadrat. Setelah  itu loe koreksi dengan kunci jawaban di buku itu, berapa benar? berapa salah ? Usahakan nilai yang loe peroleh dengan jujur. Dengang sering latihan loe akan gampang menemukan pola soalnya dan  lebih percaya diri untuk menghadapi UN.

6. Berdoa
Berdoa menjadi kunci utama buat kesuksesan loe karena tanpa dia loe hanyalah “butiran debu” elahhhh ^_^ . Siapkan waktu berdoa sebelum belajar dan ujian kepada sang maha kuasa. Sebagai tambahan mintalah kedua orangtua untuk mendoakan agar berhasil menghadapi Ujian Nasional.

Wendy Hutagaol
CEO Edunesia

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply