5 Kuliner Khas Semarang yang Populer di Instagram

0

Bisnis kuliner yang berkembang pesat, membuat berbagai menu baru banyak ditawarkan ke pasar. Menu-menu baru tersebut tentu ada yang diterima pasar ada pula yang kurang direspon pasar. Munculnya berbagai menu baru tersebut semakin memperkaya khasanah kuliner, termasuk di Kota Semarang. Berbagai menu baru itu dengan mudah bisa kita liat di akun-akun social media, terutama di Instagram.

Lalu bagaimana dengan menu khas Semarang? Dengan masih bertahan bahkan semakin ramainya tempat yang menawarkan kuliner khas Semarang, tentu menjadi bukti jika kuliner khas Semarang tetap diburu, baik oleh wisatawan maupun masyarakat Semarang. Bahkan karena banyak pilihan kuliner khasnya, Kota Semarang juga ditetapkan sebagai destinasi kuliner unggulan oleh Kementerian Pariwisata.

Apa saja kuliner khas yang banyak diburu di Semarang? Berdasarkan penelusuran jumlah hashtag di Instagram tentu bisa menjadi salah satu indikator seberapa tinggi menu tersebut banyak diburu. Berikut hasil penelusuran Tabloid Simpang5 pada Rabu (28/12) lalu, tentu jumlahnya akan bertambah seiring waktu.

1. Lumpia Semarang
Di Instagram ada 7,172 foto yang menggunakan hashtag #lumpiasemarang, selain itu juga ada beberapa yang menggunakan hashtag sejenis yang paling tinggi kedua adalah #lunpiasemarang dengan 2,349 foto. Ini menggambarkan bahwa lumpia Semarang masih menjadi kuliner dan oleh-oleh yang paling banyak dicari di Semarang.

2. Tahu Gimbal
Sebagai makan khas asli Semarang, tahu gimbal memang cukup mudah untuk dicari, terutama karena menu ini memiliki pusat penjualan, yaitu di Taman Menteri Supeno yang letaknya cukup dekat dengan Simpang Lima. Di Instagram ada 5,019 foto yang menggunakan #tahugimbal.

3. Soto Semarang
Banyak daerah di Indonesia yang memiliki menu soto, salah satunya adalah Semarang. Di kota ini kita juga tidak akan kesulitan untuk menemukan makanan khas yang terkenal dengan kuah beningnya yang segar ini. Meski banyak variasi menu soto, Soto Semarang tetap menjadi salah satu kuliner buruan di Semarang. Di Instagram ada 1,544 foto yang menggunakan #SotoSemarang.

4. Mie Kopyok
Meski menjadi salah satu menu khas, Mie Kopyok tidak cukup banyak yang menawarkannya di Semarang. Untuk mencari penjual mie kopyok yang menetap juga hanya ada beberapa saja, lebih banyak yang menawarkannya berkeliling. Di Instagram ada 961 foto yang menggunakan #miekopyok.

5. Babat Gongso
Menu ini mulai banyak ditawarkan di Semarang, namun yang banyak menjadi buruan karena sudah cukup lama keberadaannya hanya di beberapa tempat, seperti di Pak Karmin Berok dan Pak Taman, dekat Stadion Diponegoro. Di Instagram ada 937 foto yang menggunakan tagar #babatgongso.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply