10 Tips untuk Mendapatkan Kulit yang Sehat

0

Memiliki kulit yang sehat tentu menjadi dambaaan semua wanita. Banyak cara dilakukan agar seseorang mendapatkan kulit yang sehat dan cantik. Namun perlu diingat, setiap manusia memiliki kulit yang berbeda, dan butuh perawatan yang berbeda. Ada yang jenis kulit mudah dalam merawatnya, ada yang perlu merawat secara lebih agar kulit tetap sehat.
Berikut ini tips untuk mendapatkan kulit yang sehat dari dr. Syvli, Kristie Aesthetic Clinic Semarang:

1.    Tidur yang cukup, sekitar 8 jam sehari.
Tidur atau istirahat yang cukup merupakan kunci mendapatkan tubuh yang sehat. Setiap hari pastikan Anda memiliki jam tidur yang cukup dengan membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama.

2.    Minum air putih minimal 8 gelas sehari
Minum air putih kelihatannya sepele namun banyak manfaat di dalamnya. Air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, berbagai manfaat yang bagus untuk kesehatan bisa didapat dengan minum air putih yang cukup, termasuk untuk menjaga kesehatan dan kesegaran kulit.

3.    Hindari konsumsi alkohol dan merokok
Dampak buruk alkohol dan merokok bagi kesehatan memang telah diketahui banyak orang, salah satunya dampaknya juga terhadap kesehatan kulit. Karena itu dengan menghindarinya akan menjaga kesehatan kulit.

4.    Kurangi asupan caffein dan gula yang berlebih
Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, caffein maupun gula mengandung manfaat yang baik bagi tubuh. Jika Anda penggemar kopi pastikan tidak mengonsumsinya secara berlebihan, agar kesehatan tetap terjaga.

5.    Konsumsi sayur dan buah-buahan
Berbagai kandungan vitamin yang terdapat dalam sayur dan buah-buahan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi sayur atau buah-buahan, terutama yang mengandung vitamin A, B, C, atau E akan bagus untuk kesehatan kulit Anda.

6.    Kurangi makanan berlemak
Kelebihan lemak akan menimbulkan banyak masalah untuk tubuh. Lemak yang menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan beberapa risiko kesehatan jangka panjang. Mengonsumsi lemak juga bisa berakibat tubuh tidak bisa menyerap kebutuhan nutrisi, mineral serta vitamin yang baik.

7.    Hindari stres, bisa dengan olahraga, meditasi, berlibur sejenak
Tuntutan kesibukan saat ini, tentu membuat stres menjadi hal yang tidak terhindarkan. Namun dengan belajar mengelolanya dan mengambil waktu untuk relaks serta melakukan hobi, atau melakukan yoga atau meditasi, akan mengecilkan dampak dari stres.

8.    Selalu menjaga kebersihan kulit dari sisa make-up dan debu
Sisa make-up dan debu bisa menyumbat pori-piro kulit, karena itu membersihkan kulit setelah menggunakan make-up atau setelah bepergian sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

9.    Perawatan rutin
Bila perlu minimal 1 atau 2 kali dalam sebulan, lakukanlah perawatan intensif pada kulit, misalnya dengan melakukan facial, lulur, laser, atau peeling.

10.    Hidup yang teratur
Gaya hidup yang sehat salah satunya dengan hidup yang teratur, agar tubuh menjalani siklus alaminya. Tidak memaksakan tubuh untuk bekerja di luar batas kemampuan. Dengan hidup yang teratur akan bagus untuk kesehatan termasuk kesehatan kulit.

KOMENTAR ANDA

Share.

Leave A Reply